Rainbow Rowell : Eleanor & Park


Hmm.. Eleanor & Park adalah kisah tentang anak SMA, tapi rasanya kurang pas jadi bacaan anak SMA. Buku ini bukan untuk jadi inspirasi anak remaja dalam menjalani hari bersama cinta pertamanya, tapi lebih ke mengingatkan kita, yang sudah dewasa, bagaimana manisnya cerita cinta saat di sekolah dulu (walaupun sebenernya cerita cinta yang dipunya waktu remaja gak ada mirip-miripnya sama Eleanor & Park tapi yaudahlah ya).

Eleanor, gadis putih berambut merah, tidak kurus dan punya gaya berpakaian yang (kasarnya) ‘minta dikatain’. Tapi anehnya yang dibayanganku justru Eleanor punya penampilan yang biasa aja. Entahlah, rasanya tidak ada yang salah dengan gadis putih campuran Denmark-Skotlandia, berambut merah keriting, memakai kemeja kotak-kotak kebesaran dengan syal-syal di pergelangan tangan. Iya kan?

Lalu, Park, lelaki campuran Amerika-Asia, yang tidak bisa kubayangkan sama sekali bagaimana rupanya. Aku akan jatuh cinta dengan Park kalau saja aku masih berusia 16 tahun. Lelaki ini….. 100% book-boyfriend-material. Park suka baca buku, komik sih lebih tepatnya. Dia suka mendengarkan musik-musik berkualitas. Park adalah laki-laki yang akan meminjamkanmu buku-bukunya hanya untuk bisa ngobrol denganmu di kemudian hari. Atau dia akan merekam lagu-lagu favoritnya ke dalam kaset dan meminjamkannya padamu untuk kamu dengar sebagai pengantar tidur. Park seperti itu, yang jelas akan melelehkan anak remaja manapun. Tapi Park, hanya anak lelaki biasa, bukan anak lelaki populer kaya mengagumkan (dan juga membosankan) yang biasa ada di buku atau drama remaja pada umumnya. Itulah kenapa Park menarik.

Eleanor & Park adalah kisah di tahun 1986, saat mereka berusia 16 tahun. Ini adalah kisah yang sangat sederhana. Pertemuan mereka berawal di Bus, saat mereka akan berangkat ke sekolah. Park sudah ada di dalam Bus lebih dulu, lalu Eleanor masuk yang kemudian jadi perhatian anak-anak lainnya karena penampilannya yang aneh. Hanya ada satu tempat duduk kosong, dan itu di samping Park. Selalu seperti itu. Tentu saja, mereka tak saling bicara. Oh saking hanyutnya dalam alur cerita, aku lupa kapan pertama kali mereka bicara. Bentar, aku pastikan dulu!

Ah, iya! Park selalu membaca komik di bus, sampai akhirnya dia menyadari bahwa Eleanor juga ikut mencuri baca komik yang ia baca. Suatu malam, ia ingin memulai membaca Watchmen, tapi diurungkannya sampai esok pagi. Ia mulai membuka halaman pertama saat Eleanor sudah duduk di sampingnya di bus. Sepulang sekolah, di bus yang sama, Eleanor sadar bahwa Park tahu dia suka mencuri baca komiknya. Sesaat sebelum bus berhenti, Park meminjamkan komik Watchmen itu kepada Eleanor. Begitulah awal kecocokan dua orang yang berbeda itu dimulai. Aku tidak menyangka awal mula yang hanya berupa obrolan tentang X-Men, Watchmen, Alan Moore, atau mendengarkan The Smiths bersama lewat headphones walkman, dan itu semua hanya mereka lakukan di bus, bisa berakhir menjadi kisah cinta. Ya, anak muda memang unik, padahal mereka tidak punya handphone untuk saling bertukar pesan singkat, sebenarnya mereka bisa saja telfonan tapi Eleanor tidak punya telefon di rumahnya.

Aku tidak tahu bagaimana rasanya punya pengalaman cinta tanpa teknologi, karena saat aku beranjak remaja, aku sudah punya handphone sendiri. Tapi tentu akan menyenangkan bukan? Sekaligus menyiksa. Oh aku bisa merasakan gelisahnya Eleanor & Park di hari Sabtu dan Minggu, dan juga betapa bahagianya mereka di Senin pagi. Tapi… pasti seru membayangkan hal-hal lain yang bisa dilakukan selain bertukar pesan singkat di handphone!

Sebenarnya, ini adalah novel pertama yang aku beli di tahun 2017 hehe. Aku suka baca buku, tapi sebenarnya aku terlalu pemilih dalam membaca buku. Entah kenapa, beberapa kali ke toko buku rasanya tidak ada yang menarik untuk dibaca. Dan akhirnya aku pun membeli Eleanor & Park waktu ke Gramedia Matraman bersama kiki sekitar 2 minggu yang lalu. Ini adalah buku kedua Rainbow Rowell yang aku baca, yang pertama, Attachment, reviewnya pernah aku tulis di blog ini. Aku tidak akan lupa bagaimana Attachment membuatku jatuh cinta pada Lincoln, itu mengesankan.

Eleanor & Park adalah kisah cinta yang manis. Tadinya aku berharap akan ada konflik, tapi ternyata harapanku tidak menjadi nyata. Sebenarnya, konflik ada, tapi terlalu mengambang. Park dikelilingi oleh keluarga yang sempurna, sedangkan Eleanor tidak. Orang tunya sudah bercerai dan ia kini tinggal bersama ayah tirinya yang pernah mengusirnya selama setahun dari rumah. Eleanor punya tiga orang adik laki-laki dan satu adik perempuan. Ayah tirinya bukan orang baik (aku tidak akan membocorkan kenapa dia bukan orang baik). Tapi konflik ini hanya muncul sekitar 10% dari keseluruhan cerita. Aku tidak tahu apakan konflik ini penting atau tidak, tapi inilah penyebab Eleanor & Park berpisah. Yah, kurang greget aja sebenernya. Aku juga masih penasaran dengan misteri kisah pertemanan antara Eleanor dan Tina. Ya mungkin karena memang ini pada dasarnya kisah antara Eleanor & Park, rasanya keseluruhan isi buku cuma milik mereka berdua. Lalu, endingnya? Aku sih tidak masalah. Karena apalagi yang diharapkan dari kisah cinta anak SMA, waktu mereka masih panjaaaaaangggg, belum seharusnya ada ending yang benar-benar ending hehe.

So, apakah buku ini recommended untuk dibaca? Hm… tergantung! Aku jelas akan merekomendasikannya untuk masuk salah satu buku yang harus dibaca, tapi aku tidak terlalu berharap kalian akan menyukainya. Eh tapi itu tergantung selera masing-masing ya. Sebenarnya buku ini cukup untuk bikin senyum-senyum sendiri, tapi kadang-kadang merinding juga membayangkan fakta bahwa mereka masih 16 tahun. Ah, lebih baik dibaca aja ya! Habis ini kayaknya aku mau cari buku Rainbow Rowell lain. Dah, see you! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s